1 dari 10 Dokter di Amerika Ditolak Pasien Karena Muslim

1 dari 10 Dokter Muslim Ditolak Pasien Karena Muslim

Jalal Baig, seorang dokter yang juga penulis di Chicago mengkisahkan bagaimana diacuhkan pasien karena ia adalah Muslim. Sebuah studi yang dilakukan AJOB Empirical Bioethics of Muslim Doctor menyebut 1 dari 10 dokter ditolak pasien hanya karena Muslim.  “Saya tak sendiri mengalami hal ini,” ujarnya.

Kisah tragis ini bermula ketika Baig sedang dinas di rumah sakit. Ia memeriksa dada seorang pasien wanita dengan stetoskop.  Pada saat yang sama, mata wanita itu terfokus melihat layar televisi program Fox News menayangkan insiden bom di stasiun kereta di Brussels.    “Saya hanya berharap pelaku bukanlah Muslim,” ujarnya seperti dikutipWashington Post. 

Suara pasien meninggi. Ia tampak kacauh dan sedih melihat korban jiwa yang  berjatuhan. “Orang-orang  asing ini hanya datang untuk membunuh dan mengacaukan,” ujar wanita tersebut.  Menurutnya, pendapat Trump benar, Amerika harus melarang Muslim masuk ke negara ini. Ia lantas meluapkan kegelisahannya tersebut kepada sang dokter. “Saya mohon maaf, namun orang-orang Anda membuat saya tak nyaman.”  Wanita itu lantas pergi dan menolak untuk diperiksa.  Baig terperanjat di samping tempat tidur. Bertanya-tanya bagaimana nilai keamanusian dan pelatihan medis yang ia terima dinegasikan begitu saja oleh sikap kebencian. Xenophobia pun kini telah menyusup ke hubungan antara dokter-pasien.  Ia paham ancaman kebencian yang kerap dilontarkan oleh Donald Trump. Namun ia tak mengira jika sikap kebencian itu justru kena kepadanya yang merupakan dokter kelahiran AS. 
Sumber : replubika

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s