Gejala dan Penanganan Hemangioma

Gejala dan Penanganan Hemangioma
Hemangioma atau kadang disebut dengan tanda stroberi adalah tanda lahir yang muncul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah lebih atau tidak normal yang berbentuk benjolan elastis dan berwarna merah cerah. Penyakit ini termasuk jenis tumor pembuluh darah. Terkadang hemangioma juga bisa membuat kulit terlihat biru atau ungu jika muncul di lapisan kulit yang lebih dalam.

Kebanyakan hemangioma muncul di kulit kepala, punggung, dada, atau wajah, namun hemangioma dapat muncul di bagian tubuh manapun. Seiring waktu tanda lahir hemangioma bisa menyusut dan pudar hingga anak berusia 10 tahun.

  • Gejala awal hemangioma biasanya berupa tanda merah rata yang muncul di tubuh dan bisa tumbuh atau berkembang dengan cepat serta membuat kulit menjadi menonjol. Namun setelah itu, hemangioma akan memasuki fase tidak aktif dan hilang secara perlahan. Hemangioma bisa sudah ada pada saat lahir, tapi bisa juga baru muncul setelah anak berusia beberapa bulan.
  • Perbedaan warna kulit akan tetap ada atau bersifat permanen, namun warna tanda lahir akan menjadi pudar atau tidak secerah saat hemangioma muncul pertama kali. Sekitar 50 persen hemangioma sudah pudar saat anak berusia 5 tahun. Temui dokter jika hemangioma terinfeksi, berdarah atau mengalami luka terbuka.

Penyebab 

  • Sejumlah besar pembuluh darah ekstra yang tidak normal akan berkumpul dan membentuk hemangioma, namun penyebab pasti berkumpulnya pembuluh darah hingga kini masih belum diketahui. 

Ada beberapa kemungkinan meningkatnya faktor risiko seperti di bawah ini:

  • Genetika atau faktor keturunan
  • Bayi yang terlahir prematur
  • Berjenis kelamin perempuan

Komplikasi

  • Umumnya hemangioma tidak berbahaya dan terasa sakit, namun dalam beberapa kasus bisa menyebabkan pendarahan, infeksi atau luka terbuka dan terasa sakit.
  • Pada kasus yang jarang terjadi, hemangioma bisa menyebabkan gangguan pada pernapasan, buang air kecil dan besar, penglihatan, serta pendengaran.

  • Kebanyakan hemangioma yang muncul tidak memerlukan perawatan khusus karena tidak menyebabkan gangguan fisik dan akan memudar secara perlahan. Namun hemangioma bisa mengganggu penampilan. Hal itulah yang menjadi alasan beberapa orang tua merasa bahwa perawatan hemangioma itu perlu dilakukan.
  • Perawatan hemangioma juga dapat dilakukan jika pertumbuhannya menyebabkan munculnya masalah, seperti terganggunya penglihatan pada anak, yaitu dengan pemberian kortikosteroid. 
  • Namun perawatan hemangioma dengan kortikosteroid dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti di bawah ini:
  1. Meningkatkan kadar gula darah
  2. Katarak
  3. Gangguan pertumbuhan
  4. Tekanan darah tinggi
  • Selain itu, perawatan hemangioma juga dapat dilakukan dengan operasi laser untuk menghentikan pertumbuhan hemangioma dan mengatasi rasa sakit yang mungkin muncul. Perawatan hemangioma dengan operasi laser juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti berikut:
  1. Pendarahan
  2. Perubahan warna kulit
  3. Terasa sakit
  4. Timbul bekas luka
  • Konsultasikan kepada dokter jika anak Anda menderita hemangioma yang mengganggu dan memerlukan perawatan khusus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s