Gejala Yang Harus Diwaspadai Pada Kanker Mata Retinoblastoma Anak

Gejala Yang Harus Diwaspadai Pada Kanker Mata Retinoblastoma Anak

wp-1493338282996.Kanker mata (retinoblastoma) adalah kanker yang terjadi pada daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya (pada retina). Kanker mata dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, namun pada umumnya penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun. Berdasarkan penelitian American Cancer Society, banyaknya anak-anak yang didiagnosis terserang kanker mata mencapai 200 ratus orang setiap tahun. Kanker dapat menyerang salah satu maupun kedua mata dengan cara menyebar ke kantung mata dan ke otak (melalui saraf penglihatan).

Retinoblastoma merupakan jenis kanker ganas yang menyerang lapisan retina pada mata. Dibandingkan dengan orang dewasa, penyakit ini lebih banyak dialami oleh anak-anak.  Retinoblastoma dapat menyerang satu mata (unilateral) atau bahkan kedua mata (bilateral). Penyakit ini timbul akibat adanya proses mutasi genetik pada sel-sel saraf di dalam retina. Hal ini menyebabkan sel saraf terus tumbuh dan berkembang dan membentuk tumor pada retina. Tumor ini juga dapat tumbuh dan mengisi hampir seluruh vitreous humor (zat seperti selai yang mengisi bola mata). Selain itu, tumor ini juga dapat pecah dan menyebar ke bagian lain dari mata.

Penyebab

  • Penyebab terjadinya kanker mata adalah tidak adanya gen yang bersifat menurunkan tumor. Pada umumnya, kanker mata diturunkan berdasarkan gen keturunan. Belum diketahui penyebab lain dari penyakit ini. Namun, dari sebagian besar kasus, penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan. Anak-anak dapat mewarisi mutasi genetik dari orangtua mereka. Jika salah satu orangtua Anda mengidap penyakit ini, setiap anaknya memiliki peluang sebesar 50 persen untuk mengidap penyakit yang sama. Retinoblastoma yang dibawa secara turun temurun cenderung menyerang kedua mata.
  • Jika memiliki riwayat keluarga retinoblastoma, tanyakan dokter anak Anda ketika anak Anda harus mulai ujian mata secara teratur untuk layar untuk retinoblastoma.Meskipun mutasi genetik meningkatkan risiko anak retinoblastoma, itu tidak berarti bahwa kanker bisa dihindari

Tahapan perkembangan dari penyakit

  • Retinoblastoma intraokular. Ini merupakan tahap awal dari penyakit retinoblastoma. Pada tahapan ini, retinoblastoma belum menyebar ke jaringan luar mata.
  • Retinoblastoma ekstraokular. Pada tahapan ini, virus kanker sudah menyebar ke luar mata atau ke bagian lain dari tubuh.
  • Retinoblastoma berulang. Setelah melakukan perawatan, virus kanker kembali tumbuh dan menyebar pada mata atau ke bagian lain dari tubuh

Gejalawp-1493165984434.

  • Pupil berwarna putih, Ada warna putih dalam lingkaran tengah mata (pupil) ketika mata terkena cahaya.
  • Mata tidak bisa bergerak dan fokus pada arah yang sama.
  • Pupil terus melebar.
  • Mata merah dan bengkak.Mata nyeri dan merah
  • Mata juling (strabismus)
  • Gangguan penglihatan
  • Iris pada kedua mata memiliki warna yang berlainan
  • Terjadi kebutaan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s